Sudah Tahu Kalau Instagram Sekarang Hadirkan Fitur Lihat Postingan Sebelum Diupload?

Selasa, 26 Desember 2023 08:29 WIB

Penulis:ifta

Bagi pengguna Instagram yang aktif membagikan foto-foto atau video di feed, postingan yang tampil cantik di beranda adalah sesuatu yang memuaskan.
Bagi pengguna Instagram yang aktif membagikan foto-foto atau video di feed, postingan yang tampil cantik di beranda adalah sesuatu yang memuaskan.

Surabaya, Halojatim.com- Instagram kini meluncurkan fitur baru berupa layanan pratinjau atau melihat tampilan unggahan sebelum diupload.

Layanan ini diberikan agar pengguna benar-benar bisa memastikan jika unggahan ini sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Jika ada yang kurang puas atau tidak sesuai, maka pengguna bisa mengedit lagi sebelum dipost.

Dilansir India Today, Senin (25/12/2023), Instagram menghadirkan fitur pratinjau postingan, sehingga pengguna bisa melihat sekilas bagaimana tampilan postingan mereka sebelum dibagikan ke publik.

Selain itu, ada fitur grid yang bisa digunakan untuk memotong foto menjadi beberapa bagian (kisi) dan pengguna bisa melihat sekilas hasilnya sebelum diposting.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat memecah foto menjadi beberapa postingan, karena Instagram kini menggabungkannya langsung ke dalam aplikasi. 

Laporan menunjukkan pengguna dari seluruh dunia sudah mulai mengonfirmasi kedatangan fitur ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa Meta saat ini sedang menguji fitur grid dengan basis pengguna terbatas.

Sejauh ini, tidak ada tanggal atau jadwal resmi untuk ketersediaannya secara luas.

Adapun bagi pengguna Instagram yang ingin memeriksa apakah memiliki akses ke fitur tersebut, berikut panduan sederhana dari Meta untuk mengeceknya.

Sebelumnya, Instagram memperkenalkan kemampuan baru ke fitur Add Yours. Kemampuan baru ini memungkinkan pengguna membuat template yang dapat diisi orang lain dengan kustomisasi sesuai kreativitas mereka. 

Prosesnya cukup sederhana. Pengguna dapat membuat template Add Yours dengan menambahkan GIF, teks, dan gambar ke dalam cerita mereka, lalu mereka dapat memilih template Add Yours dari menu Stiker. 

Hal menarik dari fitur ini adalah setelah template Add Yours dibagikan dalam Stories, orang lain dapat menggunakannya dan menambahkan elemen kreatif mereka sendiri.

Jika pengguna ingin mengutak-atik template dari orang lain, mereka hanya perlu mengetuk opsi Add Yours saat melihatnya di Instagram Stories. 

Kemudian, mereka akan dibawa ke menu Kamera yang memungkinkan mereka bermain dengan elemen yang sudah ada, seperti menambahkan sentuhan pribadi, dan lainnya.

Selain itu, pengguna Instagram dapat melihat siapa saja yang telah memberikan sentuhan kreatif pada template tersebut dengan mengetuk wajah yang muncul di sisi kiri stiker. ***

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 26 Dec 2023