SEHARI BISA LAYANI 4.000 PEMOHON DATA KEPENDUDUKAN

Sabtu, 20 Mei 2023 12:25 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-DISPENDUKCAPIL.jpeg
Petugas Dispendukcapil Kota Surabaya tengah memberikan pelayanan kepada warga

SURABAYA I halojatim.com - Ada 24 jenis layanan adminduk yang dimanfaatkan warga Surabaya. Sehari tidak kurang dari 3.000 warga yang mengajukan data kependudukan.

''Bahkan kalau hari tertentu bisa mencapai 4.000 pemohon yang mengajukan. Tentunya ini ada peningkatan kesadaran penduduk dari 3-4 tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya Agus Iman Sonhaji dalam keterangannya.

Peningkatan kesadaran warga Surabaya tertib adminduk tersebut diukur dari aktivitas warga Surabaya dalam mengajukan permohonan kependudukan seperti, perpindahan alamat, penambahan gelar, permohonan akta kelahiran, akta kematian, dan lain sebagainya.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, Dispendukcapil Surabaya ikut mengimbangi hal tersebut melalui berbagai layanan dengan sistem digital. Tak hanya itu, kata dia, Dispendukcapil juga terus mengunggah berbagai layanan informasi kependudukan yang bisa diakses oleh masyarakat melalui akun YouTube Swargaloka.

"Saat pandemi COVID-19 tahun 2020, kami membuat sistem layanan digital yang memudahkan masyarakat karena banyak masyarakat yang mengajukan permohonan. Mungkin terdapat mekanisme yang diminta pemerintah pusat dalam mengurus bantuan dan lainnya," kata Agus. (*)