Petimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Air Purifier

Minggu, 27 Agustus 2023 05:29 WIB

Penulis:Asih

Editor:Asih

5 Hal yang Harus Anda Petimbangkan Sebelum Membeli Air Purifier
5 Hal yang Harus Anda Petimbangkan Sebelum Membeli Air Purifier (Freepik.com/macrovector)

JAKARTA | halojatim.com - Udara yang ada di dalam ruangan bisa jadi lebih tercemar jika dibandingkan udara di luar ruangan. 

Hal ini dapat terjadi ketika Anda cenderung menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan, maka paparan terhadap kualitas udara dalam ruangan yang buruk juga dapat membuat Anda berisiko terkena sejumlah penyakit.

Untuk mengatasi hal itu, ada gunanya jika Anda mulai menggunakan alat penyaring udara atau air purifier. Alat pembersih udara akan membantu menciptakan udara yang lebih bersih dan sehat baik di rumah atau kantor Anda. 

Akan tetapi, sebelum Anda yakin untuk membelinya, pastikan Anda telah melakukan pertimbangan matang terlebih dahulu.

Hal-hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Yakin Membeli Alat Pembersih Udara atau Air Purifier

Berikut pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memilih air purifier.

1. Alasan Membutuhkan Air Purifier

Alat penjernih udara memang menjadi cara yang terbaik untuk membersihkan udara di dalam ruangan yang mungkin sudah tercemar dan penuh dengan partikel seperti debu. Selain itu, air purifier juga dapat membantu menjaga kesehatan lingkungan karena mampu menghilangkan bulu hewan peliharaan, spora jamur, dan masih banyak lagi. Anda mungkin membutuhkan air purifier yang dapat meredakan alergi atau asma seperti air purifier dengan HEPA.

2. Ukuran Air Purifier

Sebelum Anda membeli air purifier, pastikan untuk mengukur luas ruangan yang udaranya ingin Anda bersihkan. Selain itu, jika Anda memiliki alergi atau asma dan mencari air purifier, sebaiknya Anda juga harus mempertimbangkan tingkat penggantian udara per jam (ACH) dari perangkat tersebut. Air purifier yang dapat membersihkan udara di suatu ruangan setidaknya empat kali per jam adalah perangkat yang terbaik bagi penderita alergi dan asma. 

3. Fitur yang Anda Butuhkan

Usai memilih jenis dan ukuran alat air purifier yang Anda butuhkan, pertimbangkan apakah Anda menginginkan fitur khusus atau tidak, seperti perangkat air purifier hemat energi, pembersih udara berteknologi wi-fi, indikator kualitas udara secara real time, dan sebagainya.

4. Lokasi Anda Meletakkan Air Purifier

Pada umumnya seseorang menempatkan air purifier di kamar tidur karena di ruangan tersebut memang sering Anda gunakan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa air purifier portable dirancang terutama untuk memurnikan udara di satu ruangan saja, jadi Anda mungkin perlu membeli unit tambahan jika ingin menggunakan air purifier di ruangan lain.

5. Perawatan yang Dibutuhkan oleh Air Purifier

Jenis perawatan utama yang diperlukan pada air purifier adalah penggantian filter udara. Jika Anda menggunakan air purifier dengan filter HEPA, biasanya bisa bertahan sekitar satu tahun tergantung penggunaan. Jika air purifier menggunakan filter karbon biasanya dapat bertahan sampai 6 bulan, tapi jika menggunakan pra-filter hanya dapat bertahan 3 bulan, namun beberapa filter dapat dicuci untuk penyaringan jangka panjang.

Itu tadi pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli air purifier. Pastikan Anda membeli alat penyaring udara yang sesuai dengan ukuran Anda, mampu menyaring partikel udara di rumah Anda sekaligus mudah digunakan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 26 Aug 2023