Partai Golkar Jatim Usung Bacaleg dari Youtuber hingga Selebgram, Setengahnya Perempuan

Senin, 15 Mei 2023 06:57 WIB

Penulis:ifta

Screenshot 2023-05-14 164541.jpg
Partai Golkar Jatim Usung Bacaleg dari Youtuber hingga Selebgram

Surabaya, Halojatim.com- Partai Golongan Karya (Golkar) di Jawa Timur (Jatim) mengisi 45,8 persen calon legislatif perempuan untuk tingkat DPRD tingkat provinsi pada Pemilihan Umum 2024. 

Dari 120 bakal calon legislatif (Bacaleg) yang didaftarkan, hampir 50 persen di antaranya adalah perempuan. 

Kali ini Bacaleg Golkar dari berbagai profesi, dari youtuber hingga selebgram, khususnya bagi calon perempuan.

Partai Golkar juga menempatkan kader-kader muda, termasuk empat bacaleg berusia 22 tahun, untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara melalui jalur politik.

Selain itu, komposisi bacaleg Golkar untuk DPRD Jawa Timur mencakup berbagai profesi, termasuk kiai, ulama, akademisi, pengusaha, selebgram, youtuber, dan lainnya.

Mayoritas anggota petahana dari Fraksi Golkar DPRD Jawa Timur juga kembali ikut dalam kontestasi Pemilu 2024. 

Dari 13 anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Timur, sebanyak 11 orang terdaftar kembali, sementara dua orang lainnya memilih maju dalam pemilihan untuk DPR RI.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, M. Sarmuji, menjelaskan bahwa tidak ada kepala daerah dari Golkar yang maju sebagai bacaleg karena mereka harus fokus pada pembangunan daerah masing-masing. 

“Bupati Tuban, Mas Lindra, dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Mas Adi Wibowo, tidak mencalonkan diri agar dapat lebih fokus pada pembangunan daerah,” katanya dilansir dari laman Antara pada Senin (15/5). 

Menurutnya, kepala daerah harus memberikan prioritas pada pembangunan daerah daripada pencalonan legislatif.

Golkar Jawa Timur memiliki target untuk meraih 20 kursi di DPRD Jawa Timur periode 2024-2029, naik dari 13 kursi yang diperoleh pada Pemilu 2019. Dengan komposisi saat ini, mereka yakin dapat mencapai target tersebut. ***