Minuman tradisional, sampai Suplemen Herbal Banyak Diminati di Kazakhstan

Jumat, 22 September 2023 06:27 WIB

Penulis:ifta

produk halal.jpeg
Ilustrasi: Produk Halal undefined

Halojatim.com - Produk Indonesia ternyata banyak diminati sampai di negara-negara kawasan Asia Tengah, sebut saja Kazakhstan.

Berbagai produk khas dalam negeri Indonesia juga banyak diminati, seperti minuman tradisional, kemudian obat herban, sampai dengan kopi, serta coklat.

Hal ini terlihat saat pameran internasional di Almaty, pusat bisnis dan finansial Kazakhstan. 

Kazakhstan yang penduduknya mayoritas muslim sangat tepat dengan produk-produk Indonesia yang banyak menonjolkan sisi halalnya.

Halal Expo 2023

Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kementerian Perindustrian Indonesia telah berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Astana dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama untuk turut serta dalam Halal Expo Almaty 2023. 

Halal Expo Almaty 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Spiritual Muslim (Muftyat) Kazakhstan telah berhasil menarik lebih dari seratus perusahaan manufaktur produk halal dari Kazakhstan dan sejumlah negara asing, termasuk Indonesia. 

Dalam acara ini, Kementerian Perindustrian Indonesia membawa produk dari 20 perusahaan industri halal dan perusahaan kawasan industri halal (KIH) Indonesia.

Beragam variasi produk halal Indonesia dipamerkan, termasuk produk makanan dan minuman, kopi, cokelat, minuman tradisional, suplemen herbal, produk home care, kosmetik, dan modest fashion. 

Hal ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang kekayaan produk halal Indonesia yang berkualitas tinggi dan bervariasi.

Selain pameran, acara ini juga diperkuat dengan penyelenggaraan Forum Diskusi yang mengangkat topik yang relevan dalam industri halal, termasuk Sistem Jaminan Produk Halal. 

Forum ini memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait dengan sertifikasi dan jaminan produk halal.

Pentingnya partisipasi Indonesia dalam Halal Expo Almaty 2023 juga tercermin dalam minat serius beberapa pengusaha dan distributor Kazakhstan untuk mengimpor produk-produk halal Indonesia ke negara mereka. 

“Indonesia ingin menjadi bagian dari halal lifestyle Kazakhstan. Untuk mengisi kebutuhan akan produk halal tersebut, kami mengundang potential buyer Kazakhstan untuk bekerja sama, begitu pula perusahaan industri di Kazakhstan untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di Kawasan Industri Halal (KIH) yang ada di tanah air,” kata Kepala PPIH Ari Kurnia , dilansir kemenperin.go.id, Kamis, 21 September 2023.  

Kazakhstan merupakan salah satu negara ekonomi terkemuka di Asia Tengah dengan populasi hampir 20 juta jiwa, yang mayoritas beragama Islam. 

Oleh karena itu, permintaan produk halal di Kazakhstan terus meningkat, dan acara seperti Halal Expo Almaty menjadi platform ideal bagi produsen produk halal domestik dan internasional untuk memasuki pasar yang potensial ini.

Tulisan ini telah tayang di starbanjar.com oleh Redaksi Starbanjar pada 21 Sep 2023