Marselino Ferdinan Dapat Beasiswa dari Kampus Ini, Siap Fasilitasi sampai S2 dan Jadi Dosen

Kamis, 01 Juni 2023 10:58 WIB

Penulis:ifta

Screenshot 2023-06-01 104815.jpg
Marselino Ferdinan Dapat Beasiswa dari Unesa, Siap Fasilitasi sampai S2 dan Jadi Dosen

Surabaya, Halojatim.com- Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan diberikan beasiswa S1 dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Bahkan pihak kampus menyiapkan sampai S2 dan bisa jadi dosen jika mantan pemain Persebaya Surabaya ini setuju.

Marselino Ferdinan yang saat ini milik klub KMSK Deinze di Liga Belgia saat ini juga ditemani empat pemain lainnya kuliah di Unesa menempuh jenjang S1, yaitu Marcell Januar Putra, Hugo Samir, Arsa Ramadan Ahmad, dan Brylian Aldama.

Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan bahwa beasiswa tersebut merupakan komitmen kampusnya mendukung para atlet yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Kami menghargai kemampuan dan prestasi yang dimiliki oleh para pemain ini dalam bidang olahraga. Dengan kemampuan tersebut, mereka bisa diakui dan bahkan jika mereka melanjutkan kuliah hingga jenjang S2, mereka dapat memenuhi kualifikasi menjadi dosen. Jika mereka berminat menjadi dosen, kami siap membantu," ucapnya dilansir pada Kamis (1/6) dari Antara.

Dia menjelaskan bahwa skema perkuliahan untuk atlet penerima beasiswa di Unesa memang berbeda dari kuliah reguler pada umumnya. Kurikulum khusus tersebut telah diterapkan di Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional.

"Kami berharap mereka menyelesaikan kuliahnya dalam waktu tidak lebih dari 4 tahun. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan skema khusus dan dosen pendamping yang akan membimbing mereka hingga benar-benar menyelesaikan kuliah dan kemudian dapat melanjutkan ke jenjang S2. Saya berharap mereka dapat meniru prestasi Rachmat Irianto yang telah meraih gelar sarjana, dan kami juga menawarkan beasiswa S2 kepada beliau," jelasnya.

Marselino Ferdinan merasa senang mendapatkan beasiswa di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa. Baginya, ini adalah kesempatan yang bagus dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya karena penting untuk masa depan karirnya di dunia olahraga.

"Ini merupakan kesempatan yang besar bagi saya dan teman-teman. Tentu saja, ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus belajar, berlatih, mengembangkan diri, dan mencari karir di dunia sepak bola. Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa dan melanjutkan kuliah di sini," ungkapnya.

Pemain timnas yang meraih emas di SEA Games 2023 itu menambahkan bahwa statusnya sebagai pemain di Liga Belgia tidak menjadi hambatan, karena Unesa telah menyusun skema perkuliahan khusus yang tidak akan mengganggu konsentrasi latihan dan pertandingan.

Marselino, yang merupakan asli Surabaya, berencana mengambil program studi Kepelatihan Olahraga sesuai dengan rencana karir masa depannya. ***