KLOTER I JAMAAH HAJI SUDAH MENDARAT DI JUANDA

Sabtu, 22 Juni 2024 22:40 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-HAJI DATANG.JPG
Rombongancalon jamaah haji saat berangkat ke Tanah Suci. Tadi malam, kloter 1 sudah medarat di Bandara Juanda.

SURABAYA I halojatim.com - Kelompok terbang (kloter) 1 jamaah haji 1445 Hijriah Debarkasi Jawa Timur tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sabtu malam. Jamaah haji tersebut menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines yang mengangkut 370 haji dari kloter 1 mendarat pukul 20.15 WIB.


Stakeholder Relation Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heri Trisno Wibowo di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan,  jamaah pada kloter ini merupakan dari Bojonegoro. Sesuai jadwal bahwa hari ini (22/5) terdapat tiga kloter yang akan tiba yaitu kloter 2 pada pukul 21.50 WIB dan kloter 3 pada pukul 23.35 WIB. ''Adapun keberangkatan ketiga kloter jamaah haji ini dari Jeddah pada tanggal 22 Juni 2024," katanya.

Jumlah kloter debarkasi yang akan dilayani sama seperti saat embarkasi, yaitu 106 kloter. Untuk jadwal kepulangan atau debarkasi dimulai 22 Juni dan akan selesai pada tanggal 21 Juli 2024.

''Adapun flow-nya setelah pesawat parkir di parking stand, para jamaah haji langsung turun baik melalui garbarata maupun tangga manual untuk menuju bus angkutan haji yang telah disediakan. Kemudian, akan menuju asrama haji untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan sebelum kembali ke tempat tinggal masing-masing," katanya.

Pihaknya juga telah mempersiapkan dengan baik kebutuhan dari sisi pengelola bandara untuk kelancaran penerbangan haji 1445 Hijriah. Pihaknya terus memastikan kesiapan fasilitas kebandarudaraan, pengaturan flow jamaah dan kendaraan, hingga pengawalan bus penjemput di sisi udara bersama Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Saudi Arabia Airlines, JAS, Pertamina dan Perum Damri serta instansi terkait lainnya. (*)