KANDIDAT PERAIH MEDALI PON PUTRI KALAH DARI ARMY FC U-13

Kamis, 25 Juli 2024 10:55 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

army-putri kaltim.jpeg
Pemain Army FC melepaskan umpan meski dikawal pemain Tim Sepak Bola Putri Kaltim dalam uji coba di Lapangan Karah Surabaya Selasa pagi (23/7/2024)

SURABAYA I halojatim.com – Army Football Club atau Army FC membuat kejutan. Tim usia 13 tahunnya  mengalahkan tim sepak bola putri Kalimantan Timur (Kaltim) Proyeksi Pekan olahraga Nasional (PON) 2024. Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Lapangan Karah Surabaya pada Selasa pagi (23/7/2024) itu, tim yang dilatih Adi Putra Setiawan itu menang 4-2. Di PON yang akan dilaksanakan September mendatang itu, Kaltim termasuk salah satu kandidat kuat meraih medali.

 

Empat gol Army disumbangkan Aidil menit ke-19, Andra (24’), Nur Vidik (29’), dan Rifky (59’). Sementara gol Kaltim Putri dilesakan Citra Ramadhani menir ke-54 dan gol bunuh diri Aswiraja (60’). ‘’Kami memang menurunkan pemain U-13 karena pemain putri senior lawannya yang setara dengan kelompok umur tersebut. Anak-anak sudah bermain sesuai intruksi,’’ kata Setiawan, panggilan akrab Adi Putra Setawan.

 

Menurutnya, semua pemain yang hadir mendapat kesempatan yang sama untuk turun ke lapangan. Bahkan, di setiap babak, hampir tidak ada pemain yang sama. 

 

‘’Kaget juga karena awalnya yang menuliskan namanya di daftar hanya 20-an pemain. Namun saat di lapangan, ada 30-an lebih,’’ ujar mantan pelatih Deltras di Liga 2 dan terakhir menangani Persatu Tuban di Liga 2 2023/2024 itu.

 

Dia juga salut dengan semangat anak didik itu. Meski untuk itu, para pemain, ucap Setiwan harus meminya izin tidak masuk sekolah. Ya sejak pekan lalu, para pemain memang sudah masuk sekolah. 

 

Setelah melawan Tim Sepak Bola Putri Kaltim, lanjut Setiawan, Army FC sudah mengagendakan beberapa pertandingan uji coba. Tujuannya, terang Setiawan, untuk mematangkan skill dan mengasah kemampuan pemain U-13 itu.

 

Sedangkan bagi Tim Sepak Bola Putri Kaltim, kekalahan ini menjadi pelajaran berharga. Setelah sebelumnya, anak asuh Agus itu menang telak 7-0 atas Persida Sidoarjo Putri. Kaltim sendiri lolos di PON 2024 dengan status juara Grup D. Mereka unggul selisih gol dari saingan terdekatnya, Kalimantan Tengah. 

 Pada babak kualifikasi yang dilaksanakan di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada bulan Oktober 2023, Kaltim menang 11-0 atas Kalsel. Sementara tuan rumah ‘’hanya’’ menang 10-0. Sedang Kaltim mampu menahan imbang Kalteng 1-1. 

 

Rencananya, Jumat (26/7/2024), Kaltim akan kembali ke daerahnya untuk melanjutkan mempersipkan diri. (*)