Jokowi Tepati Janji Undang Ketiga Capres, Bukti Tak Berpihak?

Senin, 30 Oktober 2023 16:05 WIB

Penulis:ifta

Screenshot_20231030_131333_Gallery.jpg

JAKARTA, Halojatim.com- Janji yang sempat dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendukung semua calon presiden (capres) mulai ditunjukkan.

Kali ini dia mengundang ketiga capres untuk duduk satu meja dan menegaskan jika dirinya mendukung semua pasangan.

Sebelumnya, sikap Jokowi terhadap ketiga capres pernah diungkapkan usai menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Santri di Surabaya beberapa hari lalu. 

Saat itu Jokowi menyatakan tidak akan memihak siapapun dan akan mendukung semua pasangan dalam Pilpres mendatang. Ia menyebut semua capres cawapres adalah pasangan yang cocok

Kali ini Jokowi menggelar makan siang bersama tiga calon presiden (capres) di Istana Merdeka, Senin 30 Oktober 2023. Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto menghadiri undangan tersebut. 

Mereka duduk di depan meja yang melingkar sehingga dapat berhadapan satu sama lain. Jamuan yang berlangsung sekitar pukul 12.30 WIB itu menyajikan beragam hidangan seperti lontong, rendang, ayam rolado ayam kecap, tahu masak bacem hingga jus jeruk.  

Pada kesempatan itu, Presiden bersama ketiga capres kompak mengenakan pakaian batik. Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian batik putih bercorak biru, Ia duduk diapit Ganjar Pranowo yang berpakaian batik merah dan Prabowo Subianto yang berbatik coklat. 

Tepat berhadapan langsung di depan presiden, duduk Anies Baswedan yang mengenakan pakaian batik berwarna coklat tua. Dalam makan siang tersebut, Anies menyampaikan harapan pada Presiden agar menjaga netralitas dalam Pilpres. 

“Menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan pada seluruh aparat untuk menjaga netralitas di dalam pilpres,” ujar capres dari Koalisi Perubahan itu seusai makan siang bersama Jokowi. 

Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden atas jamuan makan siangnya. “Terima kasih diundang, kalau nggak diundang kita jarang bisa ngumpul,” ujar Prabowo. Capres dari Koalisi Indonesi Maju ini mengatakan Presiden Jokowi berharap Pilpres 2024 dapat dilakukan dalam suasana yang kondusif.

Adapun Ganjar Pranowo menyebut Presiden Jokowi sebagai orang baik. “Insya Allah akan mendukung sistem demokrasi yang baik,” ujar capres dari Koalisi PDI Perjuangan itu. Ia juga berpesan untuk menjaga pemilu berjalan dengan damai dan fair.

Kabar undangan makan siang bersama oleh Jokowi kali pertama diketahui dari Sekretariat Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim. Ia menyebut Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto diundang ke istana Senin siang. 

“Diundang ke Istana tanpa cawapresnya,” ujar Hermawi.

Undangan tersebut sebagai bentuk dukungan Jokowi terhadap semua kandidat dalam Pilpres 2024. Presiden sebelumnya mengklaim bakal mendukung ketiganya untuk kepentingan bangsa. “Mungkin ini dukungan yang dimaksud.” ujarnya.

Senada Hermawi Taslim, cawapres pendamping Ganjar Pranowo sekaligus Menkopolhukam Mahfud MD membenarkan acara tersebut. “Iya benar capres, bukan cawapres,” ujar Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin. *** 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 30 Oct 2023