Home Credit Resmi Diakuisisi MUFG dan Adira

Rabu, 04 Oktober 2023 07:59 WIB

Penulis:Asih

Editor:Asih

Home Credit Sah Diakuisisi MUFG dan Adira
Home Credit Sah Diakuisisi MUFG dan Adira (Home Credit)

JAKARTA | halojatim.com - PT Home Credit Indonesia (Home Credit) telah sah diakuisisi oleh Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dengan perkiraan nilai akuisisi sebesar EUR209 juta atau setara Rp3,41 triliun dengan asumsi kurs Rp16.340.

Chief Executive Office Home Credit Animesh Narang dalam keterangan resmi menyebut bahwa pihaknya terus berusaha konsisten untuk menghadirkan pelayanan kepada penggunanya. 

"Transaksi ini merupakan suatu bukti keberhasilan Home Credit yang luar biasa dan rekam jejak yang kuat selama di Indonesia. Sejak memulai kegiatan usahanya di Indonesia pada 2013, Home Credit secara konsisten menghadirkan beragam layanan keuangan yang terjangkau, melayani kebutuhan dan meningkatkan kualitas kehidupan lebih dari enam juta orang di seluruh negeri," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya berharap akuisisi ini dapat membuka kunci sinergi yang signifikan dalam ekosistem Home Credit dan MUFG, menggerakkan bisnis Home Credit, dan memfasilitasi akses pembiayaan yang lebih luas bagi konsumen Indonesia.

Dengan memperluas berbagai layanan keuangan yang komprehensif, kesepakatan ini bertujuan menciptakan kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia, serta memberdayakan mereka untuk meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu CEO Home Credit Group Radem Ruhar mengatakan akusisi bisa membantu meningkatkan bisnis Home Credit untuk memperluas jangkauan bisnis mereka. 

"Kesepakatan ini akan secara signifikan meningkatkan bisnis Home Credit Indonesia, memperluas jangkauannya ke lebih banyak masyarakat yang belum terpapar dengan layanan keuangan. Penyelesaian transaksi yang berhasil di Indonesia ini, bersamaan dengan transaksi serupa yang melibatkan bisnis kami di Filipina pada Juni 2023, menunjukkan kekuatan Home Credit Group dalam mengembangkan berbagai bisnis yang menarik," katanya. 

Home Credit hingga saat ini terus memperluas jejak untuk menghubungkan kebutuhan pelanggan di seluruh wilayah ASEAN di antaranya Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan kantor perwakilan di Myanmar. 

Sementara di sisi lain, Presiden Direktur Adira Finance Dewa Made Susila manambahkan bahwa pihaknya merasa akuisisi ini adalah langkah kolaborasi yang strategis untuk semua pihak.

“Kami antusias dengan suksesnya proses akuisisi Home Credit Indonesia. Bagi Adira Finance, ini adalah langkah strategi kolaborasi untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan juga untuk memperkuat posisi kami di pasar Indonesia,” ujarnya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 04 Oct 2023