Heppiii Community Probolinggo Gelar Ritual Petik Laut, Diiringi Ratusan Kapal dan Festival Budaya

Sabtu, 10 Agustus 2024 08:23 WIB

Penulis:Asih

Editor:Asih

IMG-20240809-WA0019.jpg
Petik laut yang digelar Heppiii Community Probolinggo yang diikuti ratusan kapal.

PROBOLINGGO | halojatim.com - Dua desa yang tergabung dalam Karang Taruna (Karta) Heppiii Community Probolinggo, yakni Desa Binor, dan Kalibuntu menggelar acara petik laut. 

Tradisi petik laut di tiga desa ini dimeriahkan dengan parade ratusan kapal, serta sejumlah tampilan budaya, dan kegiatan rohani. 

Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto mengatakan rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak pertengahan bulan Juli hingga akhirJuli kemarin. 

Pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh karta yang sangat kreatif menggelar kegiatan tersebut dengan berbagai kegiatan budaya, kemudian kegiatan keagamaan, dan sosial di desa masing-masing. 

"Ada yang menggelar festival parade perahu, kemudian budaya seperti ketoprak, kemudian ada juga istigosah dan pengajian, serta banyak lagi kegiatan kebersamaan dan kerukunan warga desa. Kegiatan ini juga menghidupkan ratusan UMKM seperti para pedagang di lokasi acara," kata Andi Susanto pada Jumat (9/8/2024). 

Ketua Karta Heppiii Community Desa Kali Buntu, yang juga panitia acara Bogel Kusuma mengatakan, acara petik laut ini juga menjadi daya tarik wisata tersendiri. Kata dia saat rangkaian puncak mengarak sesajen ke tengah laut ada sekitar 400 kapal yang mengiringinya hingga ke tengah atau tempat meletakkan sesaji. 

"Acaranya berjalan lancar dan sangat ramai, banyak juga wisatawan yang datang ikut kapal ke tengah laut, warga di luar desa juga pada datang," jelasnya sembari menyebut jika acara ini juga dihadiri PJ Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dan jajaran Polres Probolinggo. 

Desa Binor yang tergabung dalam Heppiii Community juga menggelar acara petik laut. Warga di desa ini juga menggelar berbagai kegiatan seperti lomba perahu hias, lomba kebersihan lingkungan, kemudian festival budaya, dan pengajian serta khotmil quran. 

"Di Desa Binor juga ada obyek wisata yakni terumbu karang yang sangat indah, di pantai sana kami gelar festival yang kami namakan Festival Karang Kranji, ada ratusan warga juga yang ikut ke tengah laut bersama perahu nelayan," jelas ketua Karta Binor Dicky Irqi Z. 

Kegiatan petik laut di berbagai desa ini sebagai bentuk rasa syukur warga desa kepada Tuhan atas hasil yang didapat selama setahun terakhir ini. Kegiatan petik laut ini juga menjadi ajang silaturahmi antar warga serta sebagai bentuk promosi wisata di desa masing-masing.