Google Maps Kini Tampilkan Lokasi SPKLU, Termasuk Jumlah Antrean Mobil dan Colokan

Sabtu, 19 Agustus 2023 06:03 WIB

Penulis:ifta

Google Maps, Kendaraan listrik
Aplikasi Google Maps (Freepik)

JAKARTA, Halojatim.com – Tren penggunaan mobil listrik kini sedang berkembang pesat.

Peralihan kendaraan mesin bahan bakar BBM ke listrik ini juga menjadi kebijakan pemerintah. Hal ini dengan adanya pemberian subsidi kepada pembeli.

Industri kendaraan listrik yang berkembang juga ditangkap oleh Google dengan fasilitas pemberian layanan mesin pencari raksasa ini.

Google turut mengembangkan beragam fitur di aplikasi Google Maps yang dikhususkan untuk pengguna kendaraan listrik. 

Tidak lagi menampilkan lokasi Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU), kini Google akan menampilkan informasi lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Ulang (SPKLU).

Mengutip The Verge, Juru Bicara Google Pearl Xu menuturkan peningkatan fitur juga akan diterapkan untuk mobil-mobil listrik yang memang sejak awal sudah memiliki Android Auto. 

"Kebijakan ini akan sangat relevan buat pengguna mobil listrik yang tidak lagi memerlukan lagi informasi SPBU," ungkap Pearl Xu.

Saat ini tercatat hanya ada sejumlah mobil listrik yang sudah memasang Android Auto seperti Polestar 2, Volvo XC 40 Recharged, dan model yang akan datang Acura ZDX.

Informasi lokasi SPKLU yang diberikan Google Maps bersifat menyeluruh dengan menampilkan jumlah ketersediaan instalasi SPKLU yang bisa digunakan, jumlah antrean mobil yang sedang mengisi ulang, jenis colokan, kecepatan pengisian, serta fasilitas pendukung SPKLU seperti restoran dan supermarket.

Dengan demikian, pengguna mobil listrik dapat memanfaatkan waktu dengan pergi ke supermarket atau restoran saat baterai mobil listrik diisi ulang. "Fitur-fitur ini diyakini akan sangat membantu pemilik mobil listrik," jelas Pearl Xu. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizanatul Fitri pada 18 Aug 2023