GELAR SEDEKAH BUMI BARENG RAYAKAN HUT KEMERDEKAAN R1

Senin, 19 Agustus 2024 06:20 WIB

Penulis:Andri

A-BENOWO.jpeg
Kampung Lawas Ngawen Bandarejo Tama RT 01 RW 05 Kelurahan Sememi saat merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 dan sedekah bumi

SURABAYA I halojatim.com – Kampung Lawas Ngawen Bandarejo Tama RT 01 RW 05 Kelurahan Sememi punya cara berbeda. Dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI Ke-79, daerah yang masuk Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya, tersebut mengadakan kegiatan sedekah bumi pada Minggu  ( 18/08/2023).

 

‘’Acaranya berupa tumpengan bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Allah,’’  ujar Ketua  RT 01 WW 5 Kelurahan Sememi Ridwan

 

Tak lupa pihakna, jelas dia, menghadirkan sesepuh kampung setempat untuk mengingatkan lahirnya daerah tersebut. Tujuannya agar warga khususnya generasi muda tidak lupa aka nasal usul daerah yang kini mereka tempati. 

 

‘’Dulunya, Kampung Lawas Ngawen Bandarejo Tama merupakan daerah yang tandus dan kering. Butuh perjuangan untuk menjadikan tempat ini bisa ditempati,’’ jelas Sakri, sesepuh kampung yang juga ketua seksi kebersihan Kampung Lawas Ngawen Bandarejo Tama RT 01 RW 05 Kelurahan Sememi.

 

Namun, tambah dia, seiring semakin maju dan berkembangnya Kota Surabaya, Kampung Lawas Ngawen Bandarejo Tama terus berkembang. Apalagi, pembangunan pengembangan wilayah membuat wilayah tersebut banyak pendatang hadir dan tinggal di kampung itu. 

 

 ‘’Hanya, mayoritas warga yang ada sekarang masih keturunan warga lama. Bisa dikatakan penduduknya adalah  turun temurun leluhur orang Bandarejo asli,’’ papar Sakri. 

 

 

Lurah Sememi Okto Narwanto dalam sambutannya berharap agar warga setempat agar warisan dari para sesepuh dan leluhur kampung bisa dijaga. Tak lupa juga, lanjutnya, agar generasi muda tidak lupa akan adat istiadat yang sudah ditanamkan para pendahulu tersebut. 

 

‘’Saya yakin generasi muda di kebersihan Kampung Lawas Ngawen Bandarejo Tama RT 01 RW 05 Kelurahan Sememi ini bisa menjaga dan melaksanakan itu dengan baik,’’ katanya..

 

 

Turut hadir dalam acara itu Sekretaris Kecamatan Benowo Agus Mariono dan jajaran dari Polsek Benowo, serta Koramil Benowo. Selain itu, terlihat juga  Febryan Kriswanto selaku  Ketua Karang Taruna Surabaya yang baru.(arif)