GANDENG ITS UNTUK DIDIK TENAGA BANGUNAN UNTUK DANDAN OMAH

Senin, 17 Oktober 2022 19:40 WIB

Penulis:Andri

A-BEDAH KERJA.jpg
Pekerja Bedah Omah tengah bekerja

SURABAYA I halojatim.com - Kota Surabaya punya program Dandan Omah. Tujuannya untuk memperbaliki rumah warga yang tak layak huni.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga membuka lapangan kerja bagi warga. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Surabaya menargetkan 100 para pekerja bangunan bisa dilatih untuk menjalankan program Dandan Omah.


"Tahun ini, kami menargetkan ada 100 orang mengikuti pelatihan selama seminggu, kemudian mereka mendapat sertifikat dan dilibatkan dalam program Dandan Omah," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya Irvan Wahyudradjad.

Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk memberikan pelatihan kepada para pekerja bangunan atau tukang. Irvan mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan karena pihaknya kekurangan tenaga teknis yang berasal dari Surabaya.

"Ini akan ditagging sebagai salah satu program Padat Karya Pemkot Surabaya," kata Irvan.

Ini, katanya, sesuai dengan instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang tidak hanya memperbaiki rumah warga, tapi juga memperbaiki penghasilan pemilik rumah agar bisa merawat rumah tersebut.

"Serta memberikan kesempatan bagi warga sekitar yang membutuhkan tambahan pendapatan," kata  dia. (*)