Empat Perusahaan IT Amerika Turut Bangun IKN, Ada Microsoft

Senin, 20 November 2023 13:41 WIB

Penulis:ifta

IKN.jpg
Ilustrasi Smartcity IKN Nusantara

JAKARTA, Halojatim.com - Empat perusahaan teknologi informasi (IT) Amerika Serikat dilibatkan dalam Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dari berbagai nama perusahaan IT ini, ada nama raksasa IT yakni Microsoft.

Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono pada Minggu, 19 November 2023 di Jakarta mengatakan otoritas IKN telah berhasil mencapai lima kesepakatan kerja sama bersama empat perusahaan teknologi dan lembaga pendidikan terkemuka dunia.

Bambang melaporkan keempat perusahaan teknologi terkemuka dari Amerika Serikat yang terlibat dalam penandatanganan MoU dengan OIKN mencakup Cisco, Autodesk, Microsoft, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI). 

Penandatanganan MoU tersebut juga mencerminkan partisipasi aktif perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

Bambang sebagaimana dikutip dari Antara menyebutkan sejumlah partisipasi yang akan dilakukan keempat perusahaan global tersebut. Misalnya Cisco yang akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas, seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas tersebut bermanfaat untuk mendukung bermacam-macam solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Perusahaan teknologi Amerika berikutnya adalah Autodesk yang turut membantu OIKN dalam merancang kota yang nyaman dan disenangi penghuninya. Autodesk memanfaatkan teknologinya untuk meningkatkan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, serta infrastruktur. Pendekatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

Perusahaan selanjutnya adalah ESRI yang berpartisipasi dalam pengembangan teknologi analitik berbasis spasial. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, penginderaan jauh, dan pengelolaan data spasial. 

Melalui teknologi informasi geospasial milik ESRI, OIKN mampu memperoleh dukungan dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN, membantu dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan kota. Pemanfaatan data dan informasi geospasial dari teknologi milik ESRI juga dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar, dan biodiversitas, serta untuk mitigasi risiko bencana dan tujuan lainnya.

Perusahaan teknologi raksasa dunia, Microsoft juga tidak ketinggalan dalam berpartisipasi membangun IKN. Microsoft berpartisipasi dalam proses transformasi digital di IKN yang mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing dapat dicapai melalui penyediaan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan efisien.

Microsoft turut serta dalam transformasi digital IKN dengan mengembangkan solusi kota cerdas di berbagai aspek pengelolaan kota. Selain itu, Microsoft juga terlibat dalam pembangunan infrastruktur digital, termasuk pusat data dan cloud computing yang aman dan tahan lama. Perusahaan ini juga mendukung inisiatif pendidikan literasi digital dan pengembangan keterampilan komputer bagi masyarakat.

Selanjutnya, OIKN menjalin kerja sama dengan Universitas Stanford, Stanford Doerr School of Sustainability, untuk membangun pusat riset, penelitian, dan inovasi di IKN. Selain itu, sedang dipertimbangkan juga kemungkinan pembangunan Kampus Stanford di IKN ke depannya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 20 Nov 2023