DESA WISATA DI JATIM TERUS BERTAMBAH

Senin, 24 Mei 2021 13:00 WIB

Penulis:Andri

A-DESA WISATA.jpg
undefined

Provinsi Jawa Timur menggalkan tiap daerah mempunyai desa wisata. Tujuannya agar ekonomi di daerah ikut bergerak. Hasilnya memang sudah terlihat. Sekarang sudah banyak daerah yang mempunyai desa-desa wisata. Bahkan itu akan terus bertambah.

Terbaru Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaunching Desa Wisata Nangkula Park di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Nangkula Park adalah salah satu ikon wisata yang di kelola BUMDes Larasati dengan menyuguhkan suasana pedesaan yang cantik dan eksotis. Taman bunga celosia yang indah, spot selfie yang penuh dengan filosofi, dan sajian kuliner khas Tulungagung, serta aneka produk UMKM yang inovatif memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk berwisata.

Di taman tersebut terdapat fasilitas antara lain area parkir yang cukup luas, resto dan VIP Room, spot selfie garuda, taman bunga dan monumen keris, spot gebyok ukir, playground. Selain itu, ada zona kreatifitas dan inovasi) Line (spot i love ta, balon udara, phone box), dan jembatan merah.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Khofifah yang didampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan prasasti Zona KIP (Kreativitas, Inovatif dan Produktif).

Khofifah mengatakan bahwa dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jatim bekerjasama dengan Yayasan Rumah Kita dan Klinik BUMDes telah menginisiasi terbentuknya Zona KIP. Zona KIP ini ada di seluruh BUMDes yang merupakan binaan mereka.

Khofifah mengatakan bahwa lokasi sentra wisata yang dikelola BUMDes juga menentukan BUMDes tersebut dapat berkembang dengan baik. Ini penting, karena semakin dekat dengan pemukiman warga akan semakin bagus. Karena itu akan memberikan penguatan kepada masyarakat terdekat.