Catat Jadwalnya, Ada Festival Budaya di Ponorogo, Kini Bakal Bersaing dengan Surakarta

Kamis, 25 Mei 2023 13:02 WIB

Penulis:ifta

A-REOG.jpg
Reog Ponorogo yang merupakan kesenian yang lahir di Ponorogo

Ponorogo, Halojatim.com-  Festival kreatif di bidang seni-budaya dan ekonomi kreatif kini mulai digelar di Ponorogo.

Akan ada berbagai pertunjukkan seni dan budaya, dari reog hingga berbagai atraksi budaya lainnya. 

Acara ini direncanakan berlangsung selama lima hari berturut-turut, dimulai dari Rabu, 23 Mei, hingga Minggu, 27 Mei. 

Festival tersebut merupakan upaya dari Pemkab Ponorogo untuk mewujudkan ambisi masuk ke jaringan kota kreatif dunia yang diinisiasi oleh UNESCO.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, menyatakan bahwa seni Reog Ponorogo sudah masuk ke dalam kalender kegiatan nasional, bahkan menduduki peringkat kedua. 

“Untuk mendukung prestasi tersebut, diperlukan kegiatan lain yang dapat melengkapi keberhasilan tersebut,” katanya pada Kamis (25/5).

Melalui gelaran PCF atau Ponorogo Creative Festival, diharapkan dapat mengangkat Reog Ponorogo sebagai motor penggerak ekonomi kreatif dan menginspirasi daerah-daerah lain.

Ponorogo telah menjadi kota kreatif di Indonesia, dan langkah terakhir yang harus diambil adalah masuk ke dalam jajaran kota kreatif dunia, bersaing dengan Kabupaten Bantul dan Kota Surakarta. 

Bupati berharap bahwa Reog Ponorogo yang telah menginspirasi banyak daerah dapat membantu mewujudkan status tersebut. 

Dia juga menambahkan bahwa gelaran PCF diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah. 

Setiap harinya, akan ada belasan pertunjukan yang disajikan selama festival ini.

Selain itu, PCF juga menjadi wadah yang tepat bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mempromosikan produk lokal Ponorogo dan menunjukkan bahwa produk-produk tersebut dapat bersaing dengan produk dari luar negeri. 

Bupati yakin bahwa jika Ponorogo menjadi kota kreatif, maka sektor ekonomi dan seni akan berkembang, memberikan dampak positif bagi kemajuan Ponorogo secara keseluruhan. ***