BUTUH RP 25 MILIAR UNTUK MEMPERCANTIK PANTAI KENJERAN

Selasa, 01 Februari 2022 21:35 WIB

Penulis:Andri

A-KENJERAN.jpg
Pantai Kenjeran menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Surabaya

SURABAYA I halojatim.com -  Pantai Kenjeran, Surabaya, terus dibenahi. Dengan tujuan untuk mendatangkan wisatawan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dilengkapi overdeck atau loteng agar pengunjung atau wisatawan. Ini membuat pengunjung bisa berjalan dari bibir pantai hingga tengah laut pada saat air laut surut.

"Pengunjung bisa jalan melalui overdeck, tapi ketika air pasang bisa masuk lewat overdeck, dan di tengah-tengah overdeck sampai ke tengah lautnya akan dibuatkan perosotan. Jadi pengunjung bisa perosotan di tengah laut," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Eri tidak memungkiri bahwa APBD yang dimiliki oleh Kota Surabaya tidak mencukupi untuk melakukan pengembangan kawasan tersebut. Maka, ia akan menggandeng para investor untuk mengembangkan kawasan wisata tersebut.

"Kalau nanti pemkot ini mengembangkan di Kenjeran lama, maka secara otomatis bisa saya konektivitas dengan Kenpark. Ini baru namanya kolaborasi antara swasta dengan pemerintah yang sama-sama menguntungkan," katanya.

Eri menargetkan, semua konsep itu akan dilaksanakan pada tahun 2022. Bahkan, ia telah memiliki skema dan akan dilanjutkan dengan mengundang para investor, serta semua stakeholder yang di Kota Surabaya.

Eri mengatakan , mengenai anggaran yang diperlukan, pihaknya masih menghitung besaran anggaran yang pasti. Namun, kata dia, pada rencana tahapan pembangunan perosotan dan lainnya bisa mencapai Rp25 miliar.

"Belum overdeck bentuknya seperti apa, lalu penahan ombak untuk standar perahu-perahu, Insya Allah di tahun ini akan saya lelangkan. Siapa yang mau investor, dengan syarat di depan, seperti masyarakat Surabaya harus 60 persen (bekerja di sana)," katanya. (*)