Bansos Rp 600 Ribu Cair, Warga Bebas Membeli Produk di Mana Saja

Rabu, 23 Februari 2022 11:41 WIB

Penulis:ifta

a-bansos.jpg
Warga Kota Surabaya saat menerima bantuan sosial (bansos)

KEDIRI, Halojatim.com- Bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) termin 1 di wilayah Kediri Jawa Timur sudah cair.

Bantuan tersebut langsung diberikan untuk periode tiga bulan, per bulannya warga menerima bantuan Rp200 ribu, sehingga total yang diterima warga adalah Rp600 ribu.

Bansos kali ini ada yang berbeda dengan sebelumnya yang harus dibelanjakan melalui e-Warong, untuk periode ini dibebaskan belanja di mana saja.

Total dari data yang dihimpun Pemkot Kediri seperti tertulis di situs resminya, ada 11.268 warga Kota Kediri menerima BPNT mulai Selasa, (22/2). 

Sedangkan pencairan pada termin pertama ini dilakukan untuk periode 3 bulan yakni Januari sampai dengan Maret 2022.

“Jumlah 11.268 tersebut terdiri dari 3126 KPM di Kecamatan Kota, 4111 di Kecamatan Pesantren, dan 4031 KPM di Kecamatan Mojoroto,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Ferry Djatmiko,  Selasa, (22/2).

Jumlah tersebut masih merupakan data sementara, ada kemungkinan penambahan penerima bantuan susulan BPNT tersebut.

Berbeda dari tahun sebelumnya dimana penyaluran dilakukan melalui E-Warung, pada penyaluran BPNT ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia secara tunai. 

“Hal tersebut adalah hasil tindak lanjut dari surat Kementerian Sosial yang mana ada perubahan mekanisme penyaluran BPNT yang semula melalui E-Warung dirubah pemberian secara tunai melalui PT. POS Indonesia,” terangnya.

Untuk mekanisme pembelanjaan, yang mana sebelumya penerima manfaat BPNT membelanjakan bantuan melalui E-Warong dengan menggunakan kartu yang sudah terisi saldo, kali ini masyarakat dibebaskan untuk melakukan pembelanjaan di warung manapun.

“Bebas, silahkan bisa dibelanjakan dimana saja sesuai kebutuhan dan peruntukan bantuan tersebut. Bisa di warung, toko kelontong, atau bahkan minimarket sekalipun,” tandasnya.

Penyaluran ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai hari Selasa, (22/2) dan hari ini Rabu, (23/2). 

Pembayaran tersebut dibagi berdasarkan wilayah kecamatan. 

Untuk Selasa (22/2) dilakukan untuk Kecamatan Mojoroto yang dilaksanakan di Kantor POS Kediri, Jln. Mayjend Sungkono No. 32 Kota Kediri dan wilayah Kecamatan Pesantren, berlokasi di gedung serbaguna kelurahan Betet dan Tosaren. Sedangkan, untuk wilayah kecamata Kota, dibagikan Rabu, (23/2) di Kantor POS Kota Kediri. (*)