BANGUN ENAM RUMAH POMPA UNTUK CEGAH BANJIR

Senin, 13 Februari 2023 00:25 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-POMPA.jpg
Sebuah rumah pompa di Kota Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Pemerintah Kota Surabaya terus berusaha mencegah banjir. Caranya dengan membangun enam rumah pompa baru dengan kapasitas variatif.

Kepala Bidang Pematusan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya, Eko Juli Prasetyo mengatakan, sejumlah proyek drainase penanggulangan genangan di Kota Surabaya pada tahun 2023 telah memasuki tahap lelang. "Sejumlah proyek tersebut, di antaranya mulai pembangunan rumah pompa baru hingga kegiatan operasi dan pemeliharaan sistem drainase," kata dia.

Ia mengatakan, penanggulangan genangan di Kota Surabaya dilakukan berdasarkan wilayah. Seperti halnya di wilayah kerja rayon Genteng, itu dimulai dari kawasan Surabaya utara sampai timur.

"Jadi, mulai kawasan Perak, Tambak Wedi, Lebak, Mulyorejo sampai Kalisari," katanya.

Ia mengatakan, pada tahun 2023, Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan enam proyek pembangunan rumah pompa baru untuk menanggulangi genangan. Untuk lokasinya, kata dia, berada di Undaan, Siola, Kebraon, Bozem Aquatic, Tambaksumur dan Pagesangan.

"Tahun 2023, total ada enam pembangunan rumah pompa baru dengan kapasitas variatif. Tapi yang jelas di sana ada satu rumah pompa banjir kapasitas 3 meter kubik, plus satu pompa kapasitas 0,5 meter kubik," kata dia.

Selain pembangunan rumah pompa baru, kata dia, pada tahun 2023 ini, Pemkot Surabaya juga berencana menambah kapasitas rumah pompa. Artinya, ada penambahan kapasitas rumah pompa dari kecil ke besar seperti di antaranya di Rumah Pompa Kedurus, Pahlawan dan Wonorejo I.

"Misalnya di rumah pompa Kedurus kapasitas 1,5 kubik, di-upgrade menjadi 5 kubik. Kemudian di rumah pompa pahlawan tahun kemarin terakomodir 1 pompa selat yang kapasitas 0,25, kami tambah satu unit pompa dengan kapasitas 3 meter kubik," katanya.

Kata dia, pembangunan rumah pompa baru ini bagian dari empat sub kegiatan proyek penanggulangan genangan di tahun 2023. Empat sub kegiatan proyek penanggulangan genangan tersebut, anggaran totalnya mencapai sekitar Rp704,7 miliar. Ia mengatakan empat sub kegiatan proyek drainase penanggulangan genangan tersebut. Pertama adalah sub kegiatan pembangunan drainase perkotaan dengan anggaran Rp 357,6 miliar. Kemudian, sub kegiatan pembangunan drainase lingkungan dengan total anggaran Rp173,1 miliar. (*)