2024 Kuota Haji Indonesia bertambah 20 Ribu Jemaah

Minggu, 22 Oktober 2023 19:59 WIB

Penulis:Asih

Editor:Asih

Hari santri nasional.jpeg
Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara apel peringatan Hari Santri Nasional 2023, di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu(22/10/2023).

SURABAYA | halojatim.com - Di tengah upacara Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (23/10/2023), Presiden Jokowi menyampaikan kabar gembira. 

Yaitu Arab Saudi menambah kuota haji Indonesia sebesar 20 ribu jemaah. 

Penambahan itu setelah Jokowi bertemu dengan putra mahkota Arab Saudi yang juga Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud (MBS). 

Saat undangan jamuan makan siang, Jokowi meminta penambahan kuota haji untuk Indonesia, sebab saat ini jumlah penduduk Indonesia sebesar 278 juta dan jika akan berangkat haji harus menunggu 47 tahun. 

Menurutnya, untuk menambah kuota haji sangat sulit sekali, oleh karena itu ketika suasana Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud (MBS) senang bertemu dengannya, maka dirinya berani mengungkapkan permintaan tambahan kuota haji. 

"Alhamdulillah paginya saya diberitahu sudah diputuskan 
Perdana Menteri dan Pangeran MBS bahwa tambahan kuotanya adalah 20 ribu, ini jumlah yang sangat besar, sehingga yang nunggu 47 tahun bisa mungkin 45 tahun, ya masih lama tetap masih lama, ya paling tidak maju, patut kita syukuri," kata Jokowi.