2 Proyek Moda Transportasi Ini Gagal Jadi Kado Manis HUT RI 78

Sabtu, 12 Agustus 2023 11:56 WIB

Penulis:ifta

Penampakan fisik Kereta Cepat Jakata-Bandung (KCJB) dan aktifitas para pekerja di Depo Tegalluar Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin 22 Mei 2023.
Penampakan fisik Kereta Cepat Jakata-Bandung (KCJB) dan aktifitas para pekerja di Depo Tegalluar Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin 22 Mei 2023. (Foto : Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA, Halojatim.com- Dua proyek moda transportasi ini digadang-gadang menjadi kado indah saat momen Hari Ulang Tahun ke-78 RI, gagal dipersembahkan.   

Dua proyek itu adalah Proyek Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

 Rencana awal kedua proyek transportasi berbasis kereta tersebut digadang-gadang dapat beroperasi bersama pada 18 Agustus 2023. 

Faktanya, masih terdapat sejumlah hal yang harus diselesaikan untuk mencapai tahap operasional komersial sehingga kedua proyek tersebut molor dari jadwal. LRT Jabodebek kini masih dalam tahap uji coba dan perbaikan beberapa kekurangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal jika LRT ini dapat dioperasikan mulai 26 Agustus 2023 mendatang. Diketahui, terdapat beberapa permasalahan yang diketahui pada saat uji coba kereta tersebut sejak beberapa waktu lalu. 

Uji coba tersebut juga pernah dihentikan selama beberapa waktu untuk melakukan perbaikan dan evaluasi pada software kereta. Tidak lama berselang, mencuat ke publik terkait adanya salah desain jembatan dan perbedaan spesifikasi kereta.

Problem tersebut terkait dengan perbedaan spesifikasi pada 31 rangkaian dan desain jembatan yang memiliki radius tikungan kecil. Perbedaan tersebut meliputi dimensi, berat, kecepatan, hingga pengeremannya berbeda-beda satu sama lain.  

Adanya perbedaan menyebabkan perlunya penyesuaian kembali pada software-nya agar rangkaian yang berbeda spesifikasi ini dapat berhenti pada posisi yang sama. Jembatan lengkung bentang panjang (longspan) yang berada di antara Gatot Subroto – Kuningan juga dinilai Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo salah desain. 

Namun demikian, sejumlah pihak termasuk Menhub Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menampik hal tersebut. Mereka menegaskan desain jembatan sudah melalui kajian dan pemeriksaan kelayakan pihak terkait.

Kereta Cepat yang Tertunda Kecepatannya

Nasib kereta cepat Jakarta-Bandung yang dioperasikan PT KCIC juga senasib dengan LRT. Kereta cepat juga molor dari rencana awal pengoperasiannya. PT KCIC diketahui membuat keputusan untuk menunda uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung bagi masyarakat umum menjadi pada awal September 2023 dari yang harusnya dibuka pada 18 Agustus 2023.

Alasan penundaan tersebut kaitannya untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana KCJB untuk keselamatan penumpang. PT KCIC saat ini masih dalam proses sertifikasi terhadap sarana dan prasarana KCJB sebelum dioperasionalkan secara regular.

Nantinya ketika tahap awal operasi, KCIC juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjajal moda transportasi pertama di Asia Tenggara secara cuma-cuma pada masa uji coba awal September mendatang. 

Pada masa uji coba gratis, KCIC akan melibatkan berbagai stakeholder khususnya warga di sekitar kereta cepat. Warga yang ingin mengikuti uji coba gratis diberi berkesempatan melakukan pendaftaran secara mandiri. Adapun informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui saluran informasi PT KCIC

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 11 Aug 2023